Facebook Ads Manager: Menemukan Susunan Demographic yang Tepat

Salah satu faktor penyebab terbesar kegagalan Facebook Ads yaitu tidak mampu menemukan Demografis dari target audience yang tepat. Demografis adalah sebuah populasi; antara lain umur audience, jenis kelamin, besarnya penghasilan, dan sebagainya.

Tools yang akan kita gunakan untuk menemukan demografis dari audience kita yaitu:

  • Facebook Audience Insight (Wawasan Pemirsa)
  • Google Analytics

Interest Facebook

Facebook Audience Insight (Wawasan Pemirsa)

Pertama-tama, buka Facebook Ads Manager.

Klik Facebook Adverts > Audiences Insights (Wawasan Pemirsa)

Facebook Audience Insights

Facebook Audience Insights

Setelah itu, ada 2 pilihan muncul:

  • Everyone on Facebook maksudnya semua pengguna Facebook.
  • People connected to your Page maksudnya hanya pengguna Facebook yang telah mengetahui Facebook Page kamu (follow, likes atau sekedar pernah mengunjungi)
Facebook Audience

Facebook Audience

Pilih Everyone on Facebook dengan asumsi kalau Facebook Page kamu belum banyak dikenal.

Location (Lokasi)

Lokasi audience yang kamu pilih tergantung pada target pengguna Facebook yang kamu incar. Misalkan kalau kamu menjual Mobil bekas, tentu target audience yang kamu inginkan adalah pengguna Facebook yang berada di sekitar tempat usaha kamu, misalnya orang-orang di Jakarta, karena bisnis mobil bekas kamu ada di Jakarta. Berbeda jika kamu menjual sepatu olahraga yang pasarnya lebih besar, misalnya Indonesia atau bahkan luar negeri.

Age (Umur)

Seperti halnya lokasi, tetapkan umur dari audience yang kamu inginkan berdasarkan produk yang kamu jual. Misalnya, jika kamu menjual mobil bekas, kecil kemungkinan orang yang berumur 18-24 tahun membeli mobil bekas. Akan lebih baik jika iklan kamu di fokuskan pada audience yang benar-benar spesifik. Kalau kamu belum mengetahui umur dari audience yang tertarik membeli produk kamu di Facebook, saya sarankan untuk menjalankan Facebook Ads untuk semua umur terlebih dahulu. Idealnya, evaluasi dilakukan minimum 1 minggu setalah iklan berjalan untuk mengetahui gambaran trend pembelian pada semua hari (senin-minggu).

Gender (Jenis Kelamin)

Sama seperti Location dan Age, temukan siapa pembeli terbaikmu, laki-laki atau perempuan (atau keduanya). Dari sini, kamu bisa melihat gambaran umum jumlah pengguna Facebook di Indonesia; dari segi umur, lokasi, status hubungan, pekerjaan dan lain-lain.

Facebook Audience - Age

Facebook Audience – Age

Interest (Minat)

Semakin spesifik interest, semakin baik artinya semakin ter-target iklan kamu dengan begitu, biaya iklan menjadi lebih murah.

Cara mencari Facebook Interest

A. Facebook Page Baru (sedikit Likes)

Untuk mempermudah, saya akan mencontohkan cara mencari Facebook Audience dari produk Baju Muslim. Dengan asumsi; lokasi seluruh Indonesia, produk untuk pria dan wanita dan produk di pakai oleh semua umur.

Kamu bisa mulai memasukkan keyword umum seperti: baju muslim, toko baju muslim dan sebagainya.

Facebook Interests

Facebook Interests

Kamu akan melihat beberapa audience yang serupa dengan keyword yang kamu masukkan tadi. Pilih salah satu, misalnya “Baju Muslimmu“. Kamu akan melihat jumlah pengguna Facebook aktif terkait interest ini yaitu 200ribu – 250ribu orang. Selain itu, kita juga bisa tahu, mayoritas jenis kelamin (umur, lokasi, dan lain-lain) dari pengguna Facebook aktif yang menyukai (likes) halaman Baju Muslimmu ini (dalam hal ini 95% adalah perempuan).

Pengguna Facebook Aktif

Pengguna Facebook Aktif

Seringkali interest yang disarankan oleh Facebook merupakan sebuah Facebook Page yang memiliki jumlah Likes yang banyak. Untuk melihat apakah Baju Muslimmu adalah sebuah Facebook Page, kamu bisa mencarinya di Facebook menggunakan kata kunci (keyword) yang sama.

Facebook Page

Facebook Page

Setelah kamu menemukan 1 interest yang sesuai dengan target produk yang mau kamu jual, akan sangat mudah menemukan interest-interest lainnya. Caranya dengan melihat bagian “Page Likes“. Di halaman ini, kamu akan melihat berbagai Facebook Page terkait dengan interest yang kamu pilih sebelumnya. Klik Relevancy untuk melihat daftar Facebook Page yang kemungkinan akan tertarik dengan Facebook Page kamu (nilai 100 artinya paling tinggi atau lebih tertarik).

Interests lain yang hampir sama

Interests lain yang hampir sama

B. Facebook Page Lama (sudah memiliki banyak Likes)

Untuk Facebook Page yang telah memiliki ratusan ribu atau bahkan jutaan Facebook Likes, kamu bisa melihat Audience Insights di halaman Facebook Page. Klik link disini: Facebook Pages, kemudian pilih Facebook Page. Setelah itu, klik menu Insights. Pilih rentan waktu terpanjang, yaitu 28 hari untuk melihat konsistensi keseluruhan perilaku pengunjung Facebook Page kamu.

Facebook Page Insights

Facebook Page Insights

Google Analytics

Facebook Audience Insights hanya salah satu dari banyak cara menemukan audience dari produk yang akan kamu jual. Kamu bisa menggunakan Google Analytics sebagai data tambahan untuk melengkapi data yang kamu peroleh dari fitur Audience Insights yang ada di Facebook sehingga kamu bisa mendapatkan data audience yang benar. Di Google Analytics, kamu juga bisa melihat Gender, Location, Language, Age, dan masih banyak lagi.

Google Analytics Demographic

Google Analytics Demographic

 

PS: Edisi lengkap Belajar Facebook Ads Manager bisa dibaca disini.

Facebooktwitterreddit

Yudhi Lazuardi

Digital Marketer yang memiliki ketertarikan pada psikologi (psycho-science) dan eCommerce. Artikelnya terbit setiap hari Minggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *