Facebook Ads Manager: Temukan Interest Dengan Graph Search

Interest targeting bisa jadi merupakan salah satu cara terbaik untuk men-generate “cold traffic”; menggapai user Facebook yang belum pernah tahu brand kamu sebelumnya.

Pada artikel sebelumnya, kita telah belajar bagaimana menemukan pengguna Facebook melalui pemilihan demographic. Perlu di ingat, kita tidak ingin menargetkan diatas 5 juta orang. Kita cukup menargetkan maksimum 0.5 sampai 1 juta populasi yang betul-betul tertarik dengan produk kita.

Menemukan interest yang tepat mungkin terdengar mudah, padahal tidak semudah itu. Dengan berjalannya waktu, kamu akan terus-menerus mencari interest baru untuk di target sehingga pada akhirnya kamu akan kehabisan ide.

Facebook Graph Search

Facebook Ads: Graph Search Facebook Graph Search adalah mesin pencarian yang telah disediakan oleh Facebook. Masukkan kata kunci (keywords) ke dalam kolom pencarian kemudian tekan enter atau klik icon kaca pembesar seperti yang ada pada gambar di atas. Sebaiknya memulai pencarian dengan memasukkan keywords yang specifik, jumlah kata yang panjang. Misalnya, mulai pencarian dengan 3 keywords, 2 keywords dan 1 keyword.

Secara default, Facebook akan memperlihatkan hasil pencarian untuk semua kategori (All). Kamu bisa memulai mencari dari hasil yang diberikan Facebook, yaitu berdasarkan Pages, Groups, Photos, Post from your groups, Links, Videos, dan seterusnya. Kamu bisa menilai dan mengira-ngira dari jumlah like dan share dari sebuah Page, Group atau sebuah Post. Kemudian, masukkan keyword tersebut ke dalam Audience Insights untuk melihat Apakah keywords (yang kamu dapat dari Facebook Graph tadi) adalah sebuah interest.

Jika belum menemukan, cari ke spesifik Pages dengan cara meng-klik menu Pages. Fokus pada jumlah like yang dimiliki sebuah page. Contoh kasus. Jika kamu menjual Sepatu Pria untuk market Indonesia. Kamu bisa memulai dengan keywordsepatu pria murah“, atau “sepatu pria import“.

Misalnya, dengan menggunakan keywords “sepatu import“, kita menemukan page “Sepatu Import Murah” dengan 110,894 like. Gunakan kata “sepatu import murah” ke Audience Insights.

Facebook Ads: Audience Insights

Facebook Ads: Audience Insights

Pastikan kamu telah memilih filtering Negara (Indonesia) dan Genre (Men), karena market yang kita target khusus Pria di Indonesia.

Dari hasil pencarian interest pada gambar diatas, kita tidak menemukan interest yang berkaitan dengan “sepatu import“, tetapi kita menemukan interest lain yaitu “Toko Sepatu Online” yang bisa kita gunakan. Sebagai catatan, hasil pencarian Facebook Graph bergantung pada Facebook Network kamu, yaitu interest dari teman-teman kamu di Facebook.

Untuk hasil pencarian dari Graph Search dengan keywords bahasa Indonesia akan lebih mudah karena jumlahnya tidak banyak sehingga kita bisa langsung menggunakannya, berbeda dengan dengan pencarian dengan bahasa inggris.

Berikut beberapa ide keywords yang bisa kamu gunakan untuk produk yang berbeda:

  • Keywords “pages liked by people who like Social Media Examiner“.
  • Keywords dari brand kompetitor, misalnya, nike, adidas.
  • Tokoh terkenal yang berhubungan dengan produk, misalnya, michael jordan.

 

PS: Edisi lengkap Belajar Facebook Ads Manager bisa dibaca disini.

Facebooktwitterreddit

Yudhi Lazuardi

Digital Marketer yang memiliki ketertarikan pada psikologi (psycho-science) dan eCommerce. Artikelnya terbit setiap hari Minggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *