Facebook Interests Discovery: Audience Insights

Seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya mengenai pencarian susunan demographic, di artikel ini, akan dijelaskan cara menemukan interest melalui Audience Interest.

Halaman Facebook Audience Interest bisa ditemukan disini: facebook.com/ads/audience-insights atau dari menu yang ada di Facebook Business seperti gambar dibawah ini:

Facebook Audience Insights

Facebook Audience Insights

Studi kasus di artikel ini adalah hotel karena audience-nya akan lebih banyak dari pada sepatu olahraga. Terlebih dahulu, set pilihan Location, Age, Gender seperti dibawah ini:

Location: Indonesia
Age and Gender: 18 – Any
Gender: All

Men-target audience dari Facebook Page kompetitor mungkin terlihat mudah dan menguntungkan dibandingkan mendapatkan customer dari pasar yang baru. Dalam industri jasa, cara itu mungkin tidak sepenuhnya benar karena berbeda dari bisnis produk/barang, dalam bisnis jasa, penyedia jasa satu dengan yang lain sangat berbeda sehingga akan banyak customer yang sulit untuk berpindah ke penyedia jasa lain ketika mereka sudah nyaman terhadap pelayanan sebuah hotel.

Langkah awal menemukan interest dari pengguna hotel yaitu menemukan aktor atau influencer terkait hotel dengan menggunakan Google, misalnya dengan keyword “travel blogger indonesia”. Sayangnya, saya tidak menemukan interest dari 10 top blogger Indonesia kecuali “travel blogger” yang jumlahnya hanya 1.000 – 1.500 orang aktif pengguna.

Langkah ke 2, menemukan sinonim dari kata “hotel”. Ada banyak website yang menyediakan sinonim atau persamaan kata secara gratis salah satunya www.rhymezone.com, sayangnya kebanyakan website hanya untuk kata  berbahasa Inggris.

Dari hasil pencarian Rhymezone.com menggunakan keyword “hotel”, kita akan menemukan kata seperti restaurant, accommodation, airport, mall, nightclub, nightspot, traveler, dan sebagainya. Dari kata-kata yang kita temukan ini, kita bisa memilih karakter audience yang cocok dengan bisnis hotel kita, misalnya:

  • restaurant : pengunjung yang memilih hotel yang memiliki restaurant, lokasi hotel dekat dengan pusat makanan, di tengah kota, orang dewasa, mapan, dll.
  • airport : pengunjung yang memilih hotel dekat denga bandara, tipe pengunjung yang sering berpergian keluar kota atau negara (biasanya untuk bisnis), dewasa, mapan, dll.
  • nighclub : pengunjung yang lebih suka di tempat keramaian (touristy), pusat kota, anak muda, dekat dengan tempat wisata yang populer, dll.
  • traveler : pengunjung yang memilih hotel yang murah, anak muda, dekat dengan wisata populer, dll.

Dari 4 sinonim diatas, kata “traveler” yang paling mendekati dengan hotel. Masukkan kata “travel” di audience insight. Akan ada beberapa interest yang muncul.

Facebook Interest: travel

Facebook Interest: travel

Pilih beberapa interest seperti Travel blogger, Travel website, Travel + Leisure. Dari 3 interest tersebut, kita sudah mendapatkan 1 juta – 1.5 juta orang. Angka yang ideal untuk mulai menjalankan ads dengan budget antara 10-20 juta perbulan.

Klik menu “Pages Likes” untuk melihat interest lain yang berhubungan dengan travel dan hotel. Dalam hal ini “First Travel” yang bisa kamu tambahkan. Klik “See All” untuk melihat semua Top Categories.

Facebook Interest: Top Categories

Facebook Interest: Top Categories

Dibawah Top Categories, kita juga bisa menemukan daftar Page Likes yang tentu saja bisa kita gunakan untuk target interest kita. Misalnya, saya menemukan page “Thomas Vijayan Photography”. Meskipun pemilik Facebook Page ini bukan orang Indonesia, bukan berarti tidak ada orang yang Indonesia yang following Facebook Page ini.

Facebook Interest: Facebook Page profile

Facebook Interest: Facebook Page profile

Klik jumlah like, share atau comments untuk melihat apakah ada orang Indonesia yang mem-follow Facebook Page. Dari nama, kita bisa memperkirakan jika ada banyak orang Indonesia (sebagai target audience kita) di dalamnya.

PS: Edisi lengkap Belajar Facebook Ads Manager bisa dibaca disini.

Facebooktwitterreddit

Yudhi Lazuardi

Digital Marketer yang memiliki ketertarikan pada psikologi (psycho-science) dan eCommerce. Artikelnya terbit setiap hari Minggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *